Uji Keterbacaan Naskah Cerita Anak Dwibahasa di SMP Negeri 48 Palembang

Uji Keterbacaan Naskah Cerita Anak Dwibahasa di SMP Negeri 48 Palembang

Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan menggelar kegiatan Uji Keterbacaan Naskah Cerita Anak Dwibahasa (Daerah–Indonesia) di SMP Negeri 48 Palembang pada Senin, 6 Oktober 2025. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Hafidz Muksin, S.Sos., M.Si., ini diikuti oleh 30 peserta yang merupakan siswa SMP serta 5 guru pendamping. Uji keterbacaan tersebut bertujuan untuk menilai sejauh mana tingkat keterbacaan naskah cerita anak berbahasa Palembang hasil Sayembara Penulisan Cerita Anak 2024.

Dalam sambutannya, Hafidz Muksin menyampaikan bahwa kegiatan uji keterbacaan ini menjadi langkah penting dalam memastikan kualitas dan daya serap bacaan anak-anak terhadap karya sastra lokal. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana tingkat keterbacaan buku-buku hasil sayembara penulisan cerita anak yang telah dilakukan. Buku-buku cerita tersebut juga diharapkan dapat menambah bahan bacaan bagi siswa,” ujarnya. Ia juga menekankan pentingnya membiasakan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat. “Salah satunya adalah giat belajar dan gemar membaca,” tambahnya.

Lebih lanjut, Hafidz Muksin memotivasi para siswa untuk mencintai bahasa daerah sebagai identitas budaya lokal. “Selain mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia dan penguasaan bahasa asing, bahasa daerah juga jangan dilupakan. Bahasa daerah harus tetap dilestarikan,” tegasnya. Melalui kegiatan ini, Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan berharap peserta didik makin termotivasi untuk mencintai bahasa dan sastra Indonesia serta bangga menggunakan bahasa daerah sebagai bagian dari jati diri bangsa. Kegiatan ini menjadi salah satu wujud nyata upaya Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan dalam menumbuhkan minat baca sekaligus memperkuat literasi kebahasaan di kalangan generasi muda. (FD)

Dokumentasi



Sedang Tren

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Kunjungi media sosial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa